Sabtu, 31 Maret 2012

BUKAN FREE WILL, TAPI FREE CHOICE ~ LEBIH JAUH TENTANG TAKDIR & KEHENDAK (4-habis) ~

oleh Agus Mustofa pada 30 Maret 2012 pukul 12:05

Di bagian akhir tulisan saya tentang Takdir & Kehendak ini saya ingin menegaskan sekali lagi, perbandingan antara kehendak makhluk dengan kehendak Tuhan. Bahwa, kehendak makhluk itu berada di dalam kehendak Tuhan. Bagian yang tak terpisahkan, tetapi tidak sama. Ibarat setetes air di dalam samudera.

Apakah setetes air adalah bagian dari samudera? Tentu saja, jawabnya: ya. Apakah setetes air sama dengan samudera? Tentu saja, jawabnya: tidak. Air setetes dan dan air samudera adalah sama-sama air laut, tetapi banyak memiliki perbedaan. Mulai dari jumlahnya, kekayaan kandungannya, dinamikanya, power-nya, daya coverage-nya, informasi yang terkandung di dalamnya, dan seterusnya.

Meskipun, analogi ini tidak bisa sepenuhnya mewakili perbandingan antara makhluk dan Tuhan, tapi saya kira Anda bisa menangkap maksud saya. Bahwa, setetes air dan samudera adalah tidak sama, meskipun setetes air itu adalah bagian samudera yang sudah melebur di dalam samudera itu sendiri.

Karena itu, ketika kita berbicara soal kehendak makhluk di dalam Kehendak Allah, kita tidak boleh serta merta menyamakan antara keduanya. Seakan-akan kehendak kita SUDAH MEWAKILI kehendak Allah. Tentu terjadi distorsi pemahaman yang sangat jauh. Ibarat Anda mewakilkan kekuatan dan kekayaan samudera kepada setetes air laut. :(

Maka, perhatikanlah istilah yang layak digunakan untuk makhluk dan untuk Tuhan dalam hal ‘kehendak bebas’ ini. Untuk Tuhan lebih pantas kita gunakan FREE WILL – ‘kehendak bebas’. Sedangkan untuk manusia lebih pantas disebut free choice – ‘pilihan bebas’. Dari sini saja kita sudah paham seberapa bebas ‘pilihan’ yang dimiliki oleh manusia dibandingkan ‘KEHENDAK’ Tuhan.

Bahwa manusia tidak memiliki kemampuan berkehendak semau-maunya. Karena, ia sudah DIBATASI oleh desain penciptaannya. Badannya kecil, ototnya tidak seberapa, jangkauan pandangan dan pendengarannya terbatas, kekuatan organ tubuhnya juga ringkih, bahkan kemampuan otak yang dibangga-banggakan itu pun banyak mengalami distorsi. Jadi, mau berkehendak bebas macam apa sih manusia ini?!

Paling-paling, Anda hanya bisa memilih antara segelas coca-cola dan segelas air mineral. Atau, tambahkanlah sejauh perbendaharaan bahasa Anda tentang jenis makanan dan minuman, mulai dari dawet, bajigur, es teller, es cendol, teh panas, sampanye sampai vodka, dst. Semakin Anda berusaha menyebut daftar menu itu akan semakin tampak keterbatasan Anda. Hhehe.., ternyata hanya ‘segitu saja’ kehendaknya..!

Manusia TIDAK BISA berkehendak secara bebas. Yang bisa dia lakukan hanyalah MEMILIH dari apa yang sudah ada di sekitarnya. Bahkan, hanya dari yang dia KETAHUI saja. Tak lebih. Apa yang disebut ‘kebebasan’ itu ternyata secara natural sudah terbatasi dengan sendirinya oleh desain kemanusiaan kita. Saya suka dengan ungkapan ini: You can do every thing under My Rules..!

Maka, meskipun menurut saya tidak terlalu penting, jika hal ini mau diproyeksikan ke filosofi Newtonian, Einsteinian dan Holografik, kita bisa membedakan tingkat kebebasan makhluk terhadap Tuhan itu sedemikian rupa. Secara Newtonian, manusia memandang Tuhan sebagai SOSOK yang terpisah dari ruang dan waktu. Atau, malah ada yang memandangnya berada di dalam ruang & waktu. Misalnya ada yang mendefinisikan Tuhan berada di dalam surga. Atau, di langit. Atau di dalam hati. Atau, di alam akhirat. Sehingga menimbulkan komplikasi yang kontradiktif: Tuhan ada disana, dan tidak berada disini.. :(

Konsekuensi dari sudut pandang ini, makhluk menjadi ‘sosok berkehendak’ yang berada di luar Kehendak Tuhan. Sehingga muncullah istilah free-will bagi makhluk. Padahal, sebenarnya tidak adafree-will baginya. Yang ada ialah free-choice. Ketika pemahamannya sudah pada free-choice, sebenarnya kita sudah mulai melangkah ke filosofi Einsteinian yang memandang Tuhan meliputi makhluk-Nya. Bukan lagi sebagai sosok yang terpisah: Tuhan di surga, dan makhluk di Bumi.

Dalam tataran Einsteinian, ruang dan waktu alam semesta berada di dalam Tuhan. Tuhan sudah meliputi kehendak manusia. Sehingga kehendak manusia merupakan ‘bagian’ dari kehendak Tuhan. Jangan lagi membayangkan Tuhan sebagai ‘Sesuatu yang terpisah’ dari makhluk-Nya. Sayangnya, teori ini tidak bisa menjelaskan bagaimana ‘posisi’ makhluk di dalam Tuhan itu sendiri, karena Einsteinian hanya mendefinisikan alam semesta sebagai ruang berdimensi tiga. Sehingga kata ‘meliputi’ menjadi tidak jelas maknanya. Lha wong tidak ada ruangan yang lebih besar dari universe yang telah didefinisikan sebagai 3 dimensi.

Dengan munculnya teori Holografik, saya lantas bisa menjelaskan dengan lebih gamblang tentang 'posisi makhluk di dalam Tuhan’ secara lebih teknis. Termasuk, kehendak manusia di dalam Kehendak-Nya. Bahwa, makhluk bukan lagi ‘bagian’ dari eksistensi Tuhan, melainkan cuma hasil proyeksi dari diri-Nya.

Karena sifatnya proyeksi, maka hasil proyeksinya pasti memiliki derajat lebih rendah. Pasti juga, dimensinya lebih rendah. Pasti juga kualitasnya lebih rendah. Bergantung ini hasil proyeksi berapa kali dari masternya. Jika sebuah benda berdimensi tiga diproyeksikan sekali, ia akan menjadi benda berdimensi dua. Dan jika diproyeksikan lagi, ia akan menjadi benda berdimensi satu. Dan jika diproyeksikan lagi, dia akan menjadi ‘titik’, yang secara filosofis bermakna ‘ketiadaan’. Alias ilusi belaka. Ada simbolnya, tapi tidak ada isinya.

Dan menariknya, setiap kali kita memperoyeksikan benda, hasilnya selalu kehilangan sejumlah informasi seiring dengan hilangnya salah satu dimensi. Kalau ada sebuah kotak berbentuk kubus Anda sorot dengan lampu proyektor ke dinding, Anda tidak akan bisa lagi melihat ‘ketebalan’ kubus itu. Karena bentuknya sekarang menjadi sebuah 'bayangan' kotak tanpa ketebalan. Yang ada cuma panjang dan lebarnya saja. Selanjutnya, ketika diproyeksikan lagi Anda akan kehilangan sekali lagi sisi panjangnya atau sisi lebarnya. Karena ia akan membentuk sepotong 'garis'. Dan akhirnya, ketika diproyeksikan lagi, Anda akan kehilangan semua informasinya.

Begitulah perbandingan antara Kehendak Allah’ dengan ‘kehendak makhluk-Nya’. Karena kehendak makhluk adalah proyeksi dari Kehendak-Nya, maka Anda sebenarnya sudah kehilangan informasi sangat banyak tentang kehendak Allah itu. Anda sama sekali tidak akan bisa membayangkan Kehendak Allah, hanya dengan memahami kehendak manusia. Jika dipaksakan, akan menjadi absurd..!

Jadi, kalau saya ditanya: ‘’Di manakah unsur ‘free-choice’ (atau ‘bebas’nya) ketika peristiwa yang terjadi /kehendak manusia itu merupakan hasil “proyeksi holografik dari sebuah realitas tunggal” dari-Nya?’’

Maka, jawabnya ada dua:
Yang pertama, terjadi kesalahan mendasar secara filosofis (entah disengaja atau tidak) dalam mentranslate free-choice dengan ‘kehendak bebas’. Menurut saya, mestinya diterjemahkan sebagai ‘pilihan bebas’. Disini saya melihat ada kerancuan, atau keambiguan, atau kegamangan.

Yang kedua, jangan membayangkan ‘kehendak’ sebagai sosok materi, yang ketika diproyeksikan akan membentuk sesosok ‘kehendak’ pula. Kehendak adalah ‘daya dorong’ untuk melakukan sesuatu. Bentuknya tentu saja abstrak. Tidak bisa disosokkan. Sama dengan ‘waktu’ yang juga hasil proyeksi dari diri-Nya. Anda tentu tidak bisa mensosokkan waktu, meskipun ia adalah proyeksi diri-Nya. Lha wong ditanya ‘waktu’ itu apa sih, sudah kebingungan. Apalgi memahami dan melihat Masternya ‘waktu’.

Maka, lewat proyeksi holografik itu, manusia menjadi memiliki ‘daya dorong’ untuk melakukan sesuatu pula sebagaimana Allah. Tetapi, dalam skala yang sangat terbatas. Sehingga kita lebih pantas menyebutnya sebagai ‘pilihan bebas’. Bukan kehendak bebas.

Pertanyaan kedua tentang konsep free-choice dalam model Newtonian, Einsteinian, dan holografik sudah saya jawab dalam uraian di atas. Sedangkan pertanyaan ketiga: apakah Allah TAHU bahwa orang yang sakit itu sembuh (‘melihat’ proyeksi holografik diriNya yang real-time itu)? Ataukah Allah ‘menunggu’ respon dari manusia sakit itu untuk ‘mengubah’ takdirnya? Ataukah Allah tidak memiliki foreknowledge sama sekali?

Menurut saya, pertanyaan ketiga ini muncul dikarenakan belum utuhnya pemahaman penanya terhadap konsep holografik. Bahwa di dalam teori holografik tidak ada istilah ‘forekowledge’ ataupun ‘menunggu’, seakan-akan Allah berada di dalam deret waktu. Atau katakanlah: meliputi waktu. Karena, intisari konsep holografik adalah kejadian SEKARANG. Tidak ada masa lalu dan akan datang.

Setiap peristiwa adalah REAL-TIME sekarang semua. Urutan kejadian yang dibayangkan manusia itu hanya akibat dari persepsi otaknya, yang mengurutkan kejadian ‘sekarang-1, sekarang-2, sekarang-3, sekarang-4, dst…’ Karena itu, pertanyaan apakah ‘Allah tahu’ bahwa orang yang sakit itu AKAN sembuh?, sebenarnya TIDAK BERMAKNA dalam sudut pandang holografik. Karena, waktu di dalam-Nya tidak bergerak.

Kesalah kaprahan ini terjadi, karena kita MENGIRA Tuhan memandang realitas dengan menggunakan sudut pandang manusia yang berada di dalam ruang-waktu. Menjadi konyol. Dan ini memang menjadi kelemahan dari filosofi Einsteinian, yang lantas ditutupi oleh teori holografik.

Dalam sudut pandang holografik, Tuhan tidak bisa DIPREDIKSI sama sekali. Karena, tidak ada waktu untuk memprediksinya, sebagai konsekuensi proses yang real-time. Juga, dikarenakan kita sebagai manusia hanyalah PROYEKSI yang sudah mengalami DEGRADASI dalam skala tak berhingga dari ‘Sesuatu’ yang kualitasnya tak berhingga dan tak bisa kita bayangkan. Lha wong menebak kehendak saya saja Anda tidak bisa, padahal kehendak saya kan hanya proyeksi dari Kehendak-Nya, kok mau menebak-nebak kehendak Tuhan.

Maka, betapa pas dan indahnya ketika Allah membuat perumpamaan hubungan antara makhluk dengan Allah itu ibarat pelita dan cahaya. Makhluk ini hanyalah pancaran cahaya dari sebuah PELITA. Dimana pelita itu tersembunyi di balik kaca, di dalam sebuah lubang gelap yang misterius. Yang karenanya, Anda tidak akan pernah bisa melihat PELITA, Sang Sumber cahaya. Apalagi, kalau sekedar MENEBAK-NEBAK dari kejauhan berdasar cahaya yang dipancarkan-Nya. Ooalah, manusia.. manusia… !

QS. An Nuur (24): 35
Allah mencahayai langit dan bumi. Perumpamaan CAHAYA Allah, adalah seperti sebuah lubang yang tak tembus, yang di dalamnya ada PELITA besar. Pelita itu di dalam kaca. Kaca itu seakan-akan bintang  seperti mutiara, yang dinyalakan dengan minyak dari pohon yang banyak berkahnya. (Yaitu) pohon zaitun yang tumbuh tidak di sebelah timur dan tidak pula di sebelah barat. Yang minyaknya hampir-hampir menerangi, walaupun tidak disentuh api. Cahaya di atas cahaya, Allah membimbing kepada cahaya-Nya siapa yang Dia kehendaki. Dan Allah membuat perumpamaan-perumpamaan ini bagi manusia. Dan Allah Maha Mengetahui segala sesuatu.

Wallahu ‘alam bishshawab

~ Salam ‘Menjadi Cahaya-Nya’ ~


Jumat, 30 Maret 2012

MEMAHAMI kehendakku DI DALAM KEHENDAK-NYA ~ LEBIH JAUH TENTANG TAKDIR & KEHENDAK (3) ~

oleh Agus Mustofa pada 29 Maret 2012 pukul 13:33

Bagian yang paling ‘membingungkan’ bagi sejumlah kawan di dalam forum DTM ini adalah hubungan antara kehendak makhluk di dalam KEHENDAK Tuhan. Ujung pangkal kebingungan itu saya lihat bermula ketika kita mengira bahwa KEHENDAK Tuhan itu sama dengan kehendak kita. Atau, setidak-tidaknya, kita merasa tahu kehendak Tuhan, dan bahkan menempatkan diri lebih tahu daripada Tuhan. Hhehe.., lha wong menebak kehendak saya saja Anda tidak bisa, kok mau menebak kehendak Tuhan.. ;)

Untuk bisa memahami posisi kehendak manusia di dalam kehendak Allah, saya ingin mengajak Anda menelusurinya dari ujung pangkalnya, dan mengambil pijakan dari sumber otentik: Firman Allah.

1). Bahwa seluruh alam semesta ini adalah MILIK-Nya dan DILIPUTI-Nya. Baik itu berupa dimensi ruang, waktu, materi, energi, dan informasi. Termasuk peristiwa ‘baik’ dan ‘buruk’, anugerah dan musibah, adalah milik-Nya dan berada di dalam-Nya. Diliputi-Nya.

QS. An Nisaa’ [4]: 126
Kepunyaan Allah-lah segala yang di langit dan segala yang di bumi, dan adalah Allah Maha Meliputi segala sesuatu.

2). Bukan hanya diliputi-Nya, baik dan buruk itu ternyata juga BERASAL dari-Nya. Orang-orang yang menganggap kebaikan datang dari Allah, dan keburukan datang dari manusia disebut sebagai ‘tidak mengerti’ pembicaraan.

QS. An Nisaa’ [4]: 78
… Dan jika mereka memperoleh kebaikan, mereka mengatakan: "Ini adalah dari sisi Allah", dan kalau mereka ditimpa sesuatu bencana mereka mengatakan: "Ini dari sisi kamu (Muhammad)". Katakanlah: "Semuanya dari sisi Allah". Maka mengapa orang-orang itu hampir-hampir tidak memahami pembicaraan sedikitpun?

3). Semua kejadian di alam semesta ini adalah KEHENDAK-NYA. Dan ketika menghendaki semua realitas ini Dia hanya mengatakan KUN – 'jadilah', maka mewujudlah segala yang Dia kehendaki itu. Termasuk ketika Allah menciptakan manusia.

QS. An Nahl [16]: 40
Sesungguhnya perkataan Kami terhadap sesuatu apabila Kami menghendakinya, Kami hanya mengatakan kepadanya: "KUN (jadilah)", maka jadilah ia.

QS. Ali Imran (3): 59
Sesungguhnya misal (penciptaan) `Isa di sisi Allah, adalah seperti Adam. Allah menciptakan Adam dari tanah, kemudian Allah berfirman kepadanya: KUN (jadilah), maka jadilah dia.

4). Karena manusia diliputi Allah, maka kehendak manusia pun diliputi atau berada di dalam Kehendak Allah. Bahkan, bukan hanya di dalam-Nya, melainkan ‘tidak bisa berkehendak’ kecuali dikehendaki-Nya.

QS. At Takwiir (81): 29
Dan kamu tidak dapat menghendaki kecuali apabila dikehendaki Allah, Tuhan semesta alam.

5). Lantas, kalau begitu apakah berarti kehendak manusia SAMA dengan kehendak Allah? Nah, disinilah distorsi pemahaman yang sering terjadi. Sehingga ada yang mengatakan: kalau kehendakku adalah kehendak Allah, kenapa saya masih disuruh bertanggung jawab? Kan ini sama saja dengan mempertanggungjawabkan kehendak Allah sendiri?

Kalau Anda mengikuti sejumlah notes saya tentang keberadaan makhluk di dalam Tuhan, mestinya Anda sudah bisa menarik kesimpulan yang cukup baik. Bahwa, berada di dalam Allah itu bukan berarti SAMA DENGAN Allah. Saya kira Anda masih ingat analogi ‘Himpunan Tak Berhingga’ yang memuat angka-angka. Jika Allah diibaratkan sebagai SEMESTA PEMBICARAAN dalam himpunan tak berhingga itu, maka makhluk bisa diibaratkan angka-angka yang menjadi anggotanya.

Misalnya, angka 1 adalah manusia, angka 2 adalah hewan, angka tiga tumbuhan, angka 4 adalah malaikat, dan seterusnya termasuk benda-benda langit, ruang, waktu, materi, energi, dan informasi, berserta dengan segala peristiwa yang terjadi di dalamnya. Maka, tentu Anda sudah bisa mengambil kesimpulan sendiri bahwa angka 1 tidaklah sama dengan angka ‘tak berhingga’. Atau dengan kata lain, manusia tidak sama dengan Tuhan meskipun manusia berada di dalam Tuhan.

Jika diperluas, kehendak manusia TIDAK SAMA dengan kehendak Tuhan. Penglihatan manusia TIDAK SAMA dengan penglihatan Tuhan. Pendengaran manusia TIDAK SAMA dengan pendengaran Tuhan. Dan segala sifat manusia TIDAK SAMA dengan sifat-sifat Tuhan. Manusia mendengar, Tuhan MAHA mendengar. Manusia melihat, Tuhan MAHA melihat. Manusia berkehendak, Tuhan MAHA berkehendak. Manusia berada dalam segala KETERBATASAN, sedangkan Allah dalam skala yang tak terbayangkan. Tak berhingga.

Perbandingan antara sifat manusia dengan sifat Tuhan adalah ibarat angka 1 dibagi dengan angka tak berhingga, hasilnya = NOL. Ya, manusia di dalam Allah adalah NOL alias semu. Ada lambangnya, tapi tak ada isinya. Itulah makna kalimat LAA ILAAHA ILLALLAH – tidak ada sesuatu pun yang eksis kecuali hanya Allah. Siapa pun yang tidak bisa menerima kemutlakan eksistensi Allah ini berarti dia telah mengingkari syahadatnya.

Maka, memahami kehendak manusia di dalam kehendak Allah haruslah proporsional. Tidak serta merta MENYAMAKAN kehendak makhluk dengan kehendak-Nya. Kehendak manusia hanya menempati BAGIAN yang sangat PARSIAL dalam kehendak-Nya yang holistik. Dengan kehendak yang parsial itulah manusia bisa mengalami kekeliruan dan kesalahan yang menyebabkan terjadi keburukan padanya. Ini pula yang dikatakan Allah di dalam firman-Nya, bahwa kebaikan berasal dari Allah, sedangkan keburukan berasal dari (keterbatasan) manusia. Sebuah pemahaman yang seakan-akan kontradiktif dengan ayat 'kehendakku di dalam kehendak-Nya' di atas. Padahal, semata-mata kita kurang memahaminya secara holistik.

QS. An Nisaa’ (4): 79
Segala kenikmatan yang kamu peroleh berasal dari Allah, dan segala bencana yang menimpamu disebabkan oleh (keterbatasan) dirimu sendiri…

6). Maka takdir jelek dan takdir baik itu sebenarnya terjadi disebabkan oleh keterbatasan manusia di dalam berkehendak. Seandainya dia berkehendak searah dengan kehendak Allah yang LEBIH HOLISTIK, maka dia akan memperoleh kebaikan. Tetapi, karena dia berkehendak dengan ‘kehendak Allah’ yang parsial di dalam dirinya, dia pun memperoleh musibah.

Maka, dalam konteks ini, kita menjadi paham kenapa ada takdir baik dan takdir buruk. Karena, manusia sering terburu nafsu menampilkan egonya lebih tinggi dari Ego Allah, mendahulukan kehendaknya daripada kehendak Allah, menyombongkan kepintarannya dibandingkan ilmu Allah, mendahulukan kepentingannya dibandingkan ‘kepentingan’ Allah, dan seterusnya.

Allah pun lantas mengingatkan, barangsiapa menonjolkan kepentingan egoistiknya, ia bakal menemui bencana. Dan barangsiapa mengikuti petunjuk-Nya ia akan memperoleh kebaikan. Disinilah muncul ayat tentang tanggung jawab itu.

QS. Al Mudatstsir (74): 37-38
Bagi siapa saja di antaramu yang berkehendak akan maju atau mundur. Tiap-tiap diri bertanggungjawab atas apa yang telah diperbuatnya,

Artinya, kehendak 'maju' itu berada di dalam kehendak Allah. Tetapi kehendak 'mundur' pun berada di dalam kehendak Allah. Silakan memilih dengan segala konsekuensinya. Karena nikmat dan bencana itu juga berasal dari Allah, disebabkan oleh pilihan yang kita lakukan sendiri.

7). Namun demikian, Allah pun BERKEHENDAK untuk mengampuni segala kekeliruan yang kita lakukan dikarenakan segala keterbatasan kita itu. Siapa pun yang datang kepada-Nya memohon ampunan pasti diampuninya, karena Dia adalah Dzat Yang Maha Pengampun lagi Maha Penyayang. Semua terserah kepada kehendak-Nya..!

QS. An Nisaa’ (4): 110
Dan barangsiapa mengerjakan kejahatan dan menganiaya dirinya, kemudian ia mohon ampun kepada Allah, niscaya ia mendapati Allah Maha Pengampun lagi Maha Penyayang.

Wallahu a’lam bishshawab.

~ Salam ‘Mudah-mudahan Tidak Bingung Lagi’ ~


Kamis, 29 Maret 2012

'KEMARIN' ITU TIDAK ADA, 'BESOK' PUN TIDAK ADA ~ LEBIH JAUH TENTANG TAKDIR & KEHENDAK (2)

oleh Agus Mustofa pada 28 Maret 2012 pukul 22:57

Salah satu kesalahan yang mendasar dalam memahami Takdir adalah mencoba melihatnya dari sudut pandang Tuhan. Kita membayangkan bahwa kita adalah Tuhan, dengan segala Kemahatahuan-Nya. Padahal, kita tidak pernah bisa keluar dari ruang & waktu, bahkan untuk sekedar melihat alam semesta yang kita tempati. Apalagi, berkhayal menjadi Tuhan yang Maha Tahu.

Teori-teori ruang & waktu yang berkembang sejak era klasik sampai sekarang sebenarnya baru ‘menebak-nebak’ bentuk alam semesta. Dulu, tebakan Newton dianggap benar sepenuhnya. Ternyata Albert Einstein menemukan kelemahan yang mendasar, sehingga orang lebih memilih teori Einsteinian dalam memahami alam semesta secara lebih holistik. Dalam ruang-waktu yang variable.

Tapi, jangan salah, teori Einstein pun ternyata memiliki kelemahan mendasar dalam memahami ruang-waktu, yakni ketika di-cross-kan dengan fakta ‘interaksi real-time’ antar partikel sub atomic dalam ruang-waktu alam semesta. Teorinya menjadi runtuh bertabrakan dengan postulatnya sendiri: bahwa kecepatan tertinggi di alam semesta adalah cahaya. Dengan kata lain, rumus Einstein tidak bisa lagi digunakan untuk menjelaskan ‘secara holistik’ tentang ruang-waktu, dimana segala peristiwa terjadi di dalamnya.

Maka, pemahaman Takdir berlandaskan teori Einstein dengan sendirinya tidak lagi valid secara holistik. Dan hanya bisa digunakan secara parsial. Sehingga, kalau ada yang memahami alam semesta sebagaitime-space block Einsteinian, ia hanya akan menghasilkan sudut pandang parsial dalam memahami terjadinya peristiwa di dalam universe.

Justru karena itulah saya mengelaborasi teori yang lebih baru, yakni teori Holografik. Dimana teori ini dimunculkan untuk mengatasi kelemahan teori Einstein dalam hal interaksi real-time tersebut. Tetapi, sayangnya, pembahasan kritis yang diajukan oleh Brian Koentjoro malah ‘mundur lagi’ ke teori Einsteinian, sehingga nggak ketemu dalam frame yang sama. Padahal, dengan sangat jelas saya menggunakan pijakan holografik untuk menjelaskan Takdir dan Kehendak.

Bahwa, segala peristiwa ini adalah proyeksi holografik dari sebuah ‘realitas tunggal’ yang ada di dimensi lebih tinggi. Baik berupa peristiwa maupun berupa kehendak. Menggunakan teori Einstein tentang ruang waktu yang melengkung saja, ternyata tidak cukup. Karena, kelengkungan alam semesta yang demikian besar itu menjadi absurd ketika ditempuh dengan kecepatan cahaya sekali pun.

Cobalah bayangkan, ada dua benda langit yang berjarak 1 miliar tahun cahaya. Itu artinya, proses interaksi antara kedua benda langit itu membutuhkan waktu selama 1 miliar tahun. Ini menyalahi FAKTA bahwa interaksi antar keduanya terjadi secara real-time. Jadi, kalau Anda masih menggunakan teori Einstein, tanpa memadukan dengan teori holografik yang mengelaborasi adanya dimensi lebih tinggi, Anda akan terjebak pada pemahaman parsial yang mbuleti sendiri. Kenapa? Ya, karena teori ruang-waktu Einsteinian nggak cukup untuk membahasnya.

Teori itu tidak bisa menjelaskan hubungan takdir satu dengan takdir lainnya yang terpisah dalam rentang jarak yang jauh dalam skala universe. Misalnya, kenapa pusat gravitasi alam semesta masih saja ‘mengikat’ benda-benda langit yang bergerak menjauh dalam jarak miliaran tahun cahaya. Jadi, kenapa kita masih saja bertahan menggunakan teori Einstein untuk menjelaskan hubungan ruang-waktu universe dengan Tuhan? Padahal, Tuhan adalah ‘Sesuatu’ yang ‘meliputi’ universe.

Bagaimana Anda bisa memahami adanya ‘Sesuatu’ yang meliputi universe, sementara alam semesta didefinisikan sebagai ruang yang hanya berdimensi tiga? Disinilah teori Einstein tidak bisa menjelaskan, kecuali mengakui adanya ruang berdimensi lebih tinggi. Yang mana dimensi lebih tinggi itu memuat ruang-ruang langit berdimensi lebih rendah. Dan, seluruh interaksi antar benda langit bisa terjadi dengan cara ‘menerobos’ kedalaman dimensi yang lebih tinggi, yang menyebabkan waktu interaksi jauh lebih cepat, bahkan real-time.

Jadi, sebelum Anda memformulasikan hubungan antara Tuhan dengan makhluk-Nya, tidak bisa tidak Anda harus terlebih dulu menemukan penjelasan teknisnya. Disinilah kenapa saya ‘terpaksa’ menjelaskan secara njlentreh perbandingan teori-teori yang ada dengan berbagai kelemahannya, baru kemudian menyimpulkannya secara filosofis. Bahwa, hubungan antara Tuhan dengan makhluk-Nya itu bisa didekati dengan teori Holografik yang selangkah lebih maju dari teori Einstein tentang ruang dan waktu.

Menurut saya, teori ini sangat smart dalam menjelaskan realitas. Bahwa realitas ‘dulu’ dan ‘nanti’ itu sebenarnya tidak ada. Yang ada itu ‘sekarang’. Ruang adalah proyeksi diri-Nya: ‘sekarang’. Waktu juga proyeksi dirinya: ‘sekarang’. Dan seluruh peristiwa adalah proyeksi diri-Nya: ‘sekarang’. Semuanya terjadi secara real-time.

‘Kemarin’ sudah ‘tidak ada’. Sebagaimana ‘besok’ pun ‘tidak ada’. Kemarin adalah sekedar memori peristiwa yang membekas di sistem saraf otak kita. Realitasnya TIDAK ADA lagi. Badan Anda kemarin sudah tidak ada. Karena badan Anda yang sekarang ini sudah berbeda secara substantive dengan kemarin. Rambut sudah lebih panjang atau memutih. Kuku juga. Seluruh organ-organ dan triliunan sel tubuh Anda berbeda dengan sebelumnya, bahkan jika dibandingkan dengan semenit yang lalu.

Realitas adalah SEKARANG. Bukan tadi, atau nanti. Ini tidak bisa dijelaskan oleh teori Einstein, yang memandang ‘tadi’ dan ‘nanti’ itu ada secara parallel dengan ‘sekarang’. Yang begini ini, dengan sangat baik dijelaskan oleh teori holografik. Bahwa semua takdir bisa berlangsung secara real-time: sekarang. Kenapa bisa sekarang? Karena, ruang-waktu-peristiwa adalah sebentuk proyeksi belaka: disini dan sekarang. Sedang dimulai, sedang berlangsung, dan sekaligus diakhiri..!

Kita tidak punya pijakan apa pun untuk mengatakan bahwa Allah ‘sudah’ menakdirkan, atau ‘belum’ menakdirkan. Karena, yang disebut takdir itu adalah ketika ‘terjadi’: sekarang, sebagai proyeksi dari diri-Nya. Baik yang berupa kehendak, maupun peristiwanya. Kehendak Anda semenit yang lalu itu hanya ilusi. Tidak ada realitasnya. Yang ada ialah kehendak sekarang: saat ini. Yang sedang terjadi. Dan semua itu ada dalam kehendak Allah, ditentukan lewat takdir-Nya: saat ini juga. Maka, setiap makhluk di alam semesta ini hanya berpindah dari satu takdir ke takdir lainnya: sekarang.

QS. Al Hadiid (57): 3
Dialah Yang Awal dan Yang Akhir, Yang Zahir dan Yang Batin; dan Dia Maha Mengetahui segala sesuatu.

QS. An Nisaa’ (4): 126
Kepunyaan Allah-lah apa yang di langit dan apa yang di bumi, dan adalah Allah Maha Meliputi segala sesuatu.

Karena bagi Allah ‘dulu’ dan ‘nanti’ adalah: ‘sekarang’, maka dengan sendirinya Dia menjadi Maha Mengetahui. Bukan karena waktu berjalan secara urutan ataupun paralel, melainkan karena waktu ‘tidak bergerak’ di dalam-Nya. Dimensi waktu yang bergerak itu adalah jika dipandang secara Einsteinian. Dalam pandangan holografik, waktu tidak bergerak. Karena ‘dulu’ dan ‘nanti’ hanyalah ‘kesan’ yang terbentuk di sistem saraf otak kita. Yang riil itu adalah: ‘sekarang’. Dan, Allah menempatkan seluruh kejadian ‘sekarang’ itu dalam kitab kenyataan bernama Lauh Mahfuzh. Yang bisa dihapus atau ditetapkan secara real-time oleh-Nya, dan langsung menjadi kenyataan. Terserah pada kehendak-Nya

QS. Al Hajj (22): 70
Apakah kamu tidak mengetahui bahwa sesungguhnya Allah mengetahui apa saja yang ada di langit dan di bumi?; Bahwasanya yang demikian itu terdapat dalam sebuah kitab (Lauh Mahfuzh) Sesungguhnya yang demikian itu amat mudah bagi Allah.

QS. An Naml (27): 75
Tidak ada sesuatu pun yang gaib di langit dan di bumi, melainkan di dalam kitab yang nyata (Lauh Mahfuzh).

QS. Ar Ra’d (13): 39
Allah menghapus apa yang Dia kehendaki dan menetapkan (apa yang Dia kehendaki), dan di sisi-Nya-lah terdapat Ummul-Kitab (Lauh Mahfuzh).

Pembahasan soal Takdir dan Kehendak ini memang cukup kompleks dan membutuhkan daya imajinasi yang baik, terutama dalam tataran filosofis. Karena, harus bisa merangkum seluruh kemungkinan yang rumit. Tetapi, dalam ranah operasional, sebenarnya Allah memberikan petunjuk yang sangat sederhana. Bahwa, karena setiap makhluk berada di dalam ruang dan waktu, maka manusia harus selalu menjadikan hari esoknya lebih baik dari sekarang.

Allah memberikan derajat keleluasaan tertentu kepada manusia untuk ‘mengubah takdir’ masa lalunya menjadi takdir masa depan yang lebih baik. Kalau takdir Anda kemarin adalah miskin, maka Anda diberi peluang untuk mengubahnya lewat sunnatullah, menjadi lebih kaya. Kalau Takdir Anda kemarin adalah ‘sakit’, maka Anda diberi peluang untuk mengubah Takdir masa lalu itu menjadi ‘sembuh’. Dan seterusnya.

QS. Ar Ra’d (13): 11
Sesungguhnya Allah tidak mengubah keadaan (takdir yang sudah terjadi) pada suatu kaum,sampai mereka mengubah keadaan (takdir yang sudah terjadi) yang ada pada diri mereka sendiri

Wallahu a’lam bishshawab

~ Salam ~


Minggu, 25 Maret 2012

AGUNGKAN ALLAH DENGAN PENGAGUNGAN SEMESTINYA

oleh Agus Mustofa pada 24 Maret 2012 pukul 8:56

Alam semesta adalah mahakarya yang luar biasa. Di dalamnya tersimpan berbagai misteri abadi yang tiada habis-habisnya untuk dipelajari. Allah menyebutnya sebagai karunia yang tiada pernah selesai dituliskan, meskipun dengan tinta sebanyak tujuh samudera. Karena sesungguhnya, ilmu Allah tiada bandingnya, dan tak pernah bisa dibayangkan oleh siapa pun makhluk ciptaan-Nya secara utuh.

QS. Luqman (31): 25-27
Dan sesungguhnya jika kamu tanyakan kepada mereka: "Siapakah yang menciptakan langit dan bumi?" Tentu mereka akan menjawab: "Allah". Katakanlah: "Segala puji bagi Allah". Tetapi kebanyakan mereka tidak mengetahui.

Kepunyaan Allah-lah segala yang ada di langit dan di bumi. Sesungguhnya Allah Dia-lah Yang Maha Kaya lagi Maha Terpuji.

Dan seandainya pohon-pohon di bumi menjadi pena, dan laut (menjadi tinta), ditambahkan kepadanya tujuh lautan (lagi) sesudahnya, niscaya tidak akan habis-habisnya (dituliskan) kalimat Allah. Sesungguhnya Allah Maha Perkasa lagi Maha Bijaksana.

Dalam ayat yang berbeda, Allah bahkan menyebut-nyebut penciptaan alam semesta ini lebih kompleks dibandingkan penciptaan manusia. Make sense, karena manusia memang hanya sebagian kecil saja dari eksistensi alam semesta yang mahaluas dan penuh misteri.

QS. An Naazi’at (79): 27-28
Lebih sulit manakah: menciptakanmu ataukah menciptakan langit? Allah telah membangun (langit itu), meninggikannya, (dan) kemudian menyempurnakannya..

Kemegahan alam semesta menjadi salah satu pintu masuk untuk mengenal Sang Pencipta. Baik dari sisi keindahannya, kerumitannya, kekokohannya, keseimbangannya, dan berbagai sisi yang sangat menakjubkan. Karena itu, Allah sangat sering menyebut-nyebut alam semesta untuk memancing perhatian kita dalam memahami Sang Pencipta. Selain, tentu saja, memahaminya lewat kemisteriusan diri manusia sendiri.

QS. Adz Dzaariyaat (51): 20-21
Dan di bumi itu terdapat tanda-tanda (eksistensi Allah) bagi orang-orang yang yakin. Dan (juga) pada dirimu sendiri. Maka apakah kamu tidak memperhatikan?

QS. Al Mulk (67): 3-4
Yang telah menciptakan tujuh langit berlapis-lapis, kamu sekali-kali tidak melihat pada ciptaan Tuhan Yang Maha Pemurah sesuatu yang tidak seimbang. Maka lihatlah berulang-ulang, adakah kamu lihat sesuatu yang tidak seimbang?

Kemudian pandanglah sekali lagi niscaya penglihatanmu akan kembali kepadamu dengan tidak menemukan sesuatu cacat pun, dan melelahkan.

Maka dalam kesempatan ini saya hanya ingin menyampaikan, bahwa apa yang telah saya uraikan dalam serial notes ini adalah dalam rangka mengenal Allah lebih dekat, dengan segala kedahsyatan ilmu-Nya. Yang dengan membahasnya - mudah-mudahan – kita menjadi sadar betapa ringkihnya makhluk bernama manusia ini. Dan betapa Agungnya Sang Maha Pencipta. Pengetahuan dan kemampuan yang harus kita kerahkan untuk memahami realitas yang sekedar proyeksi diri-Nya saja sudah sedemikian canggihnya. Apalagi, untuk memahami eksistensi-Nya.

Allah selalu mendorong kita untuk terus mengeksplorasi ayat-ayat-Nya kauniyah (alam) simultan dengan ayat-ayat qauliyah (firman), agar kita bisa semakin mengagungkan Allah dengan pengagungan yang semestinya. Karena, banyak diantara kita yang memilih untuk melewatkan begitu saja ilmu-ilmu yang sangat berharga dan penuh hikmah ini.

QS. Yusuf (12): 105
Dan betapa banyaknya tanda-tanda (eksistensi Allah) di langit dan di bumi yang mereka lalui, tetapi mereka tidak memperhatikannya.

QS. Az Zumar (39): 67
Dan mereka tidak mengagungkan Allah dengan pengagungan yang semestinya padahal bumi seluruhnya dalam genggaman-Nya pada hari kiamat dan langit digulung dengan tangan kanan-Nya. Maha Suci Tuhan dan Maha Tinggi Dia dari apa yang mereka persekutukan.

Sebagai penutup serial notes kali ini, saya kira ada baiknya kalau saya sarikan kembali garis besar dari apa yang telah kita bahas, agar kawan-kawan memperoleh pemahaman utuhnya secara lebih sederhana.

  1. Pemahaman terhadap realitas alam semesta ini terus berkembang seiring dengan data-data hasil pengamatan yang dilakukan manusia, dan kemudian melahirkan teori-teori yang saling melengkapi menuju pada kesempurnaan.
  2. Awalnya manusia memandang alam semesta sebagai ruangan yang statis dan terpisah dari waktu. Artinya, ruang dan waktu itu tidak memiliki hubungan apa pun. Dan berdiri sendiri-sendiri sebagai konstanta. Lantas, pada perkembangan berikutnya, ruang dipandang sebagai konstanta, dan waktu sebagai variable yang berjalan sendiri. Juga, tidak ada keterikatan apa-apa diantara keduanya. Sehingga, peristiwa-peristiwa yang terjadi di dalamnya pun dianggap sebagai kejadian yang mandiri.
  3. Revolusi pemahaman mulai terjadi ketika Einstein mengemukan teori relativitasnya dalam memahami alam semesta dengan segala peristiwanya. Menurut Einstein, ruang dan waktu adalah variable yang eksis dalam satu paket. Tidak bisa dipisahkan. Karena, ruangan alam semesta ternyata tidak statis berupa konstanta. Alam semesta terbukti mengembang, seiring dengan waktu yang juga bertambah. Sehingga, menurutnya gerakan ruang dan waktu tidak boleh dipahami sendiri-sendiri. Setiap perubahan ruang akan menghasilkan perubahan waktu, dan demikian pula sebaliknya. Konsekuensinya setiap benda yang bergerak dalam ruang dan waktu akan mengalami relativitas. Bisa waktunya yang relative, atau bisa juga ruangnya yang relative. Waktu dan ruang bukan lagi konstanta, melainkan variable yang bisa mulur-mungkret seiring dengan kecepatan pengamat. Dan batas kecepatan pengamat tidak dimungkinkan untuk lebih dari kecepatan cahaya. Karena itu Einstein memasukkan konstanta kecepatan cahaya dalam rumus-rumus relativitasnya. Jika kecepatan pengamatan melebihi cahaya, ia akan berada dalam dimensi imajiner, alias tak mungkin.
  4. Teori Einstein telah berjasa mengubah atau lebih tepatnya menyempurnakan pemahaman manusia menjadi ‘lebih realistik’ dalam memandang realitas. Meskipun teori-teori klasik Newtonian masih juga sangat bermanfaat untuk digunakan bersamaan dengan teori Einstein. Teori klasik masih bisa digunakan dalam kondisi yang parsial dan kecepatan rendah. Sedangkan teori Einstein bisa digunakan dalam kondisi yang lebih holistik termasuk yang berkecepatan tinggi. Dengan kata lain, jika teori Einstein digunakan dalam kondisi kecepatan rendah, hasilnya sama dengan yang diprediksikan oleh teori klasik Newtonian. Sebaliknya, teori Newtonian tidak bisa digunakan dalam kondisi pengamat yang bergerak dengan kecepatan tinggi.
  5. Sebagaimana teori klasik Newtonian, teori Einstein ternyata memiliki kelemahan dalam menjelaskan kondisi tertentu. Khususnya, terkait dengan adanya fakta bahwa partikel-partikel sub atomik bisa berinteraksi secara real-time dalam kondisi tertentu - tidak bergantung pada jarak. Jika teori Einstein diterapkan disini, hasilnya akan memunculkan kecepatan melebihi cahaya. Sebuah prinsip dasar yang tidak diizinkan dalam teori Einsteinian. Maka muncullah teori baru, yakni teori holografik seperti yang saya uraikan dalam note sebelumnya. Bahwa, fakta real-time yang tak bergantung ruang-waktu itu hanya bisa dijelaskan, jika alam semesta ini merupakan sebuah ilusi. Serta memiliki hubungan tak terbatas di dimensi ruang yang lebih tinggi.
  6. Dari perkermbangan teori yang semakin menyempurna itulah saya memahami informasi-informasi Al Qur’an – ayat-ayat qauliyah – tentang realitas.

Yang pertama, kurva ruang dan waktu yang melengkung itu membawa konsekuensi adanya dimensi lebih tinggi: ruangan langit di dalam ruangan langit yang lebih besar. Yang oleh Al Qur’an disebut sebagai langit berlapis tujuh.
Yang kedua, dikarenakan kurva ruang-waktu yang melengkung itu, maka kita mempunyai peluang untuk melihat peristiwa di masa depan pada jarak yang jauh sekalipun. Yakni, dengan menerobos lewat dimensi ruang yang lebih tinggi. Semakin tinggi dimensi langitnya, semakin pendek jalan pintasnya.
Ketiga, peristiwa-peristiwa di alam semesta ini ternyata berlangsung secara bersamaan dalam kanvas ruang-waktu yang baru dimulai, sekaligus sudah diakhiri. Namun demikian, manusia menjalani semua itu sebagai ‘kejadian yang serial’ disebabkan ia terikat oleh dimensi ruang dan waktu dan menjalaninya secara urut. Seandainya manusia tidak terikat dimensi ruang-waktu, maka kita akan bisa melihat seluruh ‘lukisan di atas kanvas’ alam semesta ini secara paralel.
Keempat, teori holografik memecahkan kebuntuan teori Einstein dengan smart. Bahwa, alam semesta ini tak lebih hanyalah proyeksi dari sebuah peristiwa tunggal di alam yang lebih tinggi, yang telah saya jelaskan lewat analogi ‘ikan di dalam aquarium’ di note sebelumnya. Hal ini memberikan penjelasan yang koheren dengan informasi Al Qur’an tentang Lauh Mahfuzh. Bahwa seluruh realitas ini memang sudah ada di dalam kitab induk bernama Lauh Mahfuzh itu. Dengan kata lain, segala peristiwa ini hanyalah proyeksi holografik dari master film bernama Lauh Mahfuzh, dimana seluruh realitas sudah termaktub. Kitab induk itu sendiri pun merupakan proyeksi holografik dari Sang Pencipta, Yang Maha Berilmu dan Maha Bijaksana…

QS. Al Hadiid (57): 22
Tiada suatu bencana (peristiwa) pun yang terjadi di bumi dan (tidak pula) pada dirimu sendiri melainkan telah tertulis dalam kitab (Lauh Mahfuzh) sebelum Kami menciptakannya. Sesungguhnya yang demikian itu adalah mudah bagi Allah.

Kelima, posisi ‘kehendak’ manusia pun merupakan proyeksi holografik dari kehendak Allah. Sehingga setiap kehendak manusia yang disebut sebagai ‘kehendak bebas’ (free will) ini pun sebenarnya berada dalam kehendak Allah. ‘Kebebasan’ yang dimiliki oleh manusia dalam berkehendak itu selalu berada di dalam bingkai ‘kehendak Allah’ yang holistik. Sehingga, seakan-akan manusia bisa memilih takdirnya sendiri. Padahal segala alternative pilihan itu tak pernah keluar dari  frame kehendak-Nya. Disinilah letak kerelatifan manusia dalam memilih takdirnya, dalam memperoleh kebaikan atau keburukan. Setiap takdir adalah baik di sisi Allah, tetapi bisa menjadi buruk di mata manusia, dikarenakan keterbatasan manusia dalam memilih takdir yang dikira terbaik baginya.

QS. An Nisaa’ (4): 79
Segala kebaikan yang kamu peroleh adalah dari Allah, dan segala keburukan yang menimpamu berasal dari (keterbatasan)-mu sendiri…

Demikianlah sepenggal catatan saya, tentang secuil misteri alam semesta yang sangat dahsyat. Tentu, masih sangat banyak pertanyaan yang bergelayutan di benak saya maupun benak Anda, menunggu jawaban yang lebih terang benderang. Dengan harapan akan membuka cakrawala pemahaman kita terhadap alam semesta, Ciptaan Allah Sang Maha Perkasa. Semoga Allah membimbing kita semua di jalan yang diridhai-Nya…

Wallahu a’lam bishshawab


~ Salam ~

Jumat, 23 Maret 2012

‘BARU DIAWALI, SEKALIGUS SUDAH DIAKHIRI’


Perpaduan antara teori klasik Einsteinian dan teori holografik cukup bermanfaat untuk menjelaskan berbagai fenomena alam semesta yang selama ini dianggap rumit. Termasuk untuk menjelaskan konsep Takdir yang masih membingungkan sejumlah kalangan.

Dalam sudut pandang Einsteinian, ruang dan waktu adalah dimensi kontinum yang eksistensinya sudah ada secara bersamaan. Ketika kita menyebut variable ruang: disana-disini-disitu, maka dalam konteks yang senada kita pun bisa mengatakan: dulu-sekarang-nanti. Ya, sebagaimana dimensi ruang yang memuat ‘disana-disini-disitu’ secara bersamaan, dimensi waktu pun memuat ‘dulu-sekarang-nanti’ dalam satu paket.

Dengan kata lain, seluruh peristiwa yang terjadi di masa lalu, di waktu sekarang, dan di masa yang akan datang, sebenarnya terjadi secara berbarengan di dalam kontinum ruang-waktu. Atau bisa dikatakan: sebuah peristiwa sedang dimulai, sedang berlangsung, dan sedang diakhiri, terjadi bersamaan..! Pemahaman seperti ini, memang agak membingungkan sejumlah kalangan. Terutama yang ‘terjebak’ pemahaman lama, dimana waktu ‘terkesan’ terjadi secara berurutan: dulu, sekarang, dan nanti.

Bagi mereka yang memahami teori ruang-waktu Einsteinian agaknya bisa mengerti keberadaan dimensi ruang-waktu yang tak terpisahkan itu. Memang, jauh lebih mudah membayangkan dimensi ruang ‘disana-disini-disitu’ secara bersamaan, daripada membayangkan waktu ‘dulu-sekarang-nanti’ yang eksis sepaket. Dalam dimensi ruang, ketika Anda berdiri ‘disini’, maka Anda langsung bisa mengerti jika dikatakan ‘disana’ dan ‘disitu’ terjadi bersamaan. Bahkan Anda bisa menunjuk dengan jari telunjuk Anda posisi yang berbeda itu. Ini berbeda dengan dimensi waktu yang jauh lebih abstrak.

Tapi begitulah, karena perubahan dimensi ruang yang sedang mengembang ini terikat pada pertambahan dimensi waktu, maka konsekuensinya dimensi waktu pun sebenarnya telah eksis di alam semesta sebagai bentuk kontinum dari T = nol sampai T = tak berhingga. Dan akibatnya, seluruh peristiwa yang terjadi di dalam dimensi ruang-waktu itu pun sudah terjadi secara bersamaan ‘disini-disitu-disana’ dalam waktu ‘dulu-sekarang-nanti’ yang juga serentak.

Saya ingin memberikan analogi yang lebih mudah. Marilah kembali kepada grafik tiga dimensi berbentuk globe yang sudah saya jelaskan dalam note-note sebelumnya. Jika alam semesta dianalogikan dengan globe itu, maka alam semesta ini memang sudah mewujud. Wujudnya apa? Ya globe itu. Karena globe itu memang terbentuk dari dimensi waktu dan dimensi ruang secara simultan. Garis bujurnya membentuk dimensi waktu, sedangkan garis lintangnya membentuk dimensi ruang.

Jadi, ketika ruang & waktu belum berubah, globe itu belum terbentuk. Atau dalam realitas alam semesta, ketika ruang dan waktu itu belum bergerak, maka alam semesta ini belum eksis. Padahal alam semesta ini ternyata sudah eksis. Berarti, ruang dan waktu pun sudah eksis. Waktu T = nol, dan volume V = nol, berada di kutub utara globe. Yakni saat, alam semesta berada di awal penciptaan. Sedangkan waktu T = tak berhingga, dan volume V = nol ada di kutub selatan globe, yakni ketika alam semesta mengalami keruntuhan. Volume terbesarnya berada di perut globe, di lingkaran katulistiwa, yakni saat alam semesta bergerak berbalik arah dari mengembang ke mengerut.

Jika Anda ingin berada di dalam ruang yang lebih besar atau berpindah dari ‘sini’ menuju ‘kesana’, maka Anda harus bergerak di dalam waktu yang ‘menua’, yakni bergerak dari kutub utara globe ke kutub selatannya. Tidak bisa tidak. Karena, waktu hanya bergerak searah ke masa depan. Begitu Anda bergerak – ke arah manapun – ke barat, timur, selatan, utara, maka Anda berarti bergeser menuju katulistiwa. Alias menuju ruang alam semesta yang semakin membesar, dimana waktu bergerak menua. Dan jika Anda teruskan lagi, maka Anda akan ‘terseret’ oleh pergerakan waktu menuju ke kutub selatan, dimana volume alam semesta akan mengecil kembali.

Jadi ringkas kata, realitas alam semesta ini ibarat sebuah ‘kanvas peristiwa’, yang terbuat dari dimensi ruang dan waktu. Dimana sang kanvas tidak berhenti alias statis, melainkan dinamis seiring terjadinya peristiwa itu sendiri. Dan terbentuk oleh waktu yang bergerak ke masa depan, seiring volume semesta yang mengembang, dan kemudian mengerut kembali.

Maka, globe sudah terhampar dengan koordinat ruang-waktu dalam bentuk garis-garis lintang dan garis bujurnya. Peristiwa yang akan kita temui pun sudah terhampar di permukaan globe itu. Tinggal, Anda sebagai ‘pengamat sekaligus pelaku’ akan bergerak kemana untuk ‘membentuk sejarah’ Anda masing-masing. Semua bergantung ‘kehendak’ dan keinginan Anda untuk menciptakan sejarah Anda sendiri, di dalam ruang dan waktu yang sebenarnya sudah terhampar beserta segala peristiwanya.

Setiap peristiwa sedang dimulai, dijalani, dan diakhiri oleh setiap orang yang menempuh sejarahnya masing-masing. Tetapi, karena setiap orang harus melewati dimensi waktu secara berurutan, semua peristiwa itu tampak ‘seakan-akan serial’. Padahal semua peristiwa itu sudah eksis di alam semesta ‘secara paralel’.

Di dalam buku MEMBONGKAR TIGA RAHASIA saya menganalogikan sejarah setiap orang itu terbentuk oleh perjalanannya sendiri di ruang angkasa. Bayangkanlah, setiap orang memiliki sebuah sepeda motor luar angkasa yang sangat canggih. Cara menjalankan sepeda motor itu cukup dengan kehendak. Setiap Anda berkehendak maju, maka spontan kendaraan angkasa itu akan maju. Dan kalau Anda berkehendak berhenti, maka seketika itu pula ia akan berhenti. Anda bisa bergerak tiga dimensi di dalam ruang.

Rute perjalanan Anda adalah ke angkasa luar, menjelajah ruang dan waktu. Di ruang angkasa itu terdapat ‘stasiun-stasiun peristiwa’ yang jumlahnya tidak berhingga. Dimana Anda akan membentuk ‘sejarah perjalanan’ Anda sendiri dengan cara mampir ke stasiun-stasiun itu. Maka, ada miliaran manusia yang melesat ke luar angkasa dalam misi perjalanannya.

Lintasan yang Anda tempuh adalah dimensi ruang, dimana Anda boleh menentukan sebebas-bebasnya untuk mengunjungi stasiun peristiwa yang mana pun Anda ingini. Ada yang memulai kunjungannya dari stasiun nomer 1, dan berurutan ke stasiun-stasiun berikutnya sebanyak yang dia bisa capai. Ada pula yang mengunjungi stasiun-stasiun peristiwa itu secara acak, dimulai dari stasiun nomer 100, lantas 20, dilanjutkan ke 75, dst. Atau, ada yang terbengong-bengong belaka.

Tetapi, ingat, setiap pengembara diberi waktu terbatas berdasar bahan bakar yang diisikan ke dalam sepeda motornya. Maka, saat stop watch dipencet bergeraklah seluruh pengendara sepeda motor itu dengan agenda masing-masing untuk mengunjungi stasiun-stasiun peristiwa yang akan membentuk sejarahnya. Setiap orang pasti berbeda sejarah, meskipun ada juga sebagian yang sama. Apalagi, di setiap stasiun itu ternyata pertunjukan yang disajikan terus berganti-ganti. Sehingga setiap orang yang mampir ke stasiun itu berpeluang untuk memperoleh suguhan peristiwa yang berbeda. Sejarah yang berbeda.

Analogi diatas barangkali tidak persis dengan mekanisme sejarah kehidupan yang kita lalui. Tetapi intinya adalah, setiap orang memiliki peluang untuk membangun sejarah masing-masing secara berbeda di dalam ruang dan waktu yang sudah ada. Faktor utama pada setiap orang berada pada kehendak bebasnya. Tetapi, harus diingat, ia hanya bisa berjalan diantara stasiun-stasiun peristiwa yang sudah ada di dalam dimensi ruang-waktu. Sejarah setiap orang ‘hanyalah soal urutan’ mengalami peristiwa yang dia pilih, dari alternative peristiwa berjumlah tak berhingga yang terhampar di kanvas alam semesta.

Lantas bagaimana hubungannya dengan Tuhan Sang Penguasa segala peristiwa? Teori holografik, saya kira, bisa membantu menjelaskannya. Bahwa seluruh peristiwa di alam semesta ini sebenarnya adalah pancaran holografik dari eksistensi Tuhan. Bukan hanya pada variable materi sebagai pembentuk sosok, dan variable energi sebagai penggerak peristiwa. Melainkan, ‘kanvas’ ruang dan waktu pun adalah proyeksi dari eksistensi-Nya. Demikian juga variable informasi yang memicu terjadinya peristiwa. Semua itu adalah proyeksi diri-Nya.

Allah menggambarkan, bahwa seluruh peristiwa memang sudah tersedia dalam bentuk file di kitab induk yang disebut sebagai Lauh Mahfuzh. Tak ada satu peristiwa pun yang tidak termaktub di pusat data alam semesta itu. Dimana data-data inilah yang kemudian diproyeksikan secara holografik ke kanvas ruang-waktu untuk menjadi peristiwa. Data-data di Lauh Mahfuzh itu sendiri merupakan ‘proyeksi’ yang mewakili sifat-sifat dan eksistensi-Nya.

QS. Al An’aam (6): 59
Dan pada sisi Allah-lah kunci-kunci semua yang gaib. Tak ada yang mengetahuinya kecuali Dia sendiri. Dan Dia mengetahui apa yang di daratan dan di lautan. Dan tiada sehelai daun pun yang gugur melainkan Dia mengetahuinya. Dan tidak jatuh sebutir biji pun di dalam kegelapan bumi, dan tidak sesuatu yang basah atau yang kering, melainkan tertulis dalam kitab yang nyata (Lauh Mahfuzh).

Jadi, kitab induk data alam semesta inilah yang menjadi ‘master film’ hologram yang di putar di layar ruang dan waktu. Bahkan, sebenarnya ruang-waktu itu sendiri pun merupakan hasil proyeksi holografik. Dengan kata lain, semua realitas ini semu belaka. Bagaikan bayang-bayang tiga dimensi dari foto hologram yang sebenarnya merupakan efek holografik yang ditembakkan di lembaran kertas foto yang dua dimensi. Ya, efek tiga dimensi yang terjadi pada lembaran kertas foto itu semu belaka.

Sama dengan realitas kehidupan ini, dimana kanvas alam semesta yang kosong ‘ditembak’ dengan pancaran ‘sinar ilahiah’ melewati ‘master film’ holografik berupa kitab peristiwa Lauh Mahfuzh. Hasilnya adalah efek hologram di kanvas ‘ketiadaan’ yang menghasilkan variable ruang-waktu-materi-energi-informasi. Kombinasi simultan dari berbagai variable itulah yang membentuk berbagai peristiwa sebagai sejarah personal maupun kolektif.

Semua itu tampak nyata, karena Allah menciptakan perangkat ‘kamera dan monitor’ yang sangat canggih berupa panca indera dan otak. Sistem saraf yang dikomandoi otak inilah sebenarnya yang membuat segala efek hologram itu menjadi tampak nyata. Bisa dipahami secara berurutan di dalam ruang dan waktu, serta terlihat berinteraksi secara material dan energial.

Lantas, apa substansi dasar dari eksistensi manusia ini? Jawabnya adalah: ruh. Dengan ruh itulah seseorang ‘berkehendak’ untuk melewati sejarah kehidupannya. Melintasi berbagai peristiwa yang sudah terhampar di alam semesta, untuk membentuk urutan unik secara personal maupun kolektif. Dan menariknya, saya kira Anda pun sudah tahu, bahwa ruh itu ternyata juga hasil ‘proyeksi holografik’ dari sifat-sifat Ilahiah dalam skala makhluk. Saat DIA menghembuskan sebagian ruh-Nya, manusia lantas memperoleh sifat-sifat-Nya, diantaranya adalah ‘berkehendak’.

Maka, kalau kemudian ada yang bertanya: kehendak saya ini bebas ataukah terikat pada kehendak Allah? Saya kira sekarang Anda sudah bisa menjawab sendiri, bahwa segala kehendak ini tak lain hanyalah kehendak Dzat Penguasa Jagat Semesta, Yang Maha Berkehendak dan Maha Bijaksana. Sedangkan kehendak manusia, hanyalah proyeksi holografik dari kehendak Allah yang derajatnya sangat parsial bergantung pada sudut pandang kita dalam melihatnya. Persis gambar-gambar semu hologram yang bisa berubah-ubah ketika dilihat dari sisi yang berbeda..!

QS. Al Maa-idah (5): 17
… Kepunyaan Allah-lah kerajaan langit dan bumi dan apa yang di antara keduanya; Dia menciptakan apa yang dikehendaki-Nya. Dan Allah Maha Kuasa atas segala sesuatu.

QS. Al Baqarah (2): 117
Allah Pencipta langit dan bumi, dan bila Dia berkehendak (untuk menciptakan) sesuatu, maka Dia hanya mengatakan kepadanya: "Jadilah". Lalu jadilah ia.

QS. Al Hajj (22): 70
Apakah kamu tidak mengetahui bahwa sesungguhnya Allah mengetahui apa saja yang ada di langit dan di bumi? Bahwasanya yang demikian itu terdapat dalam sebuah kitab (Lauh Mahfuzh) Sesungguhnya yang demikian itu amat mudah bagi Allah.

Wallahu a’lam bishshawab

~ Salam Merenungi ‘Eksistensi Semu’ Segala Ciptaan-Nya ~


oleh Agus Mustofa pada 22 Maret 2012 pukul 17:19

Kamis, 22 Maret 2012

SELURUH REALITAS INI HANYA 'BAYANGAN' BELAKA


PENEMUAN Alain Aspect bersama timnya dari Universitas Paris, tentang adanya interaksi antar partikel yang melebihi kecepatan cahaya telah melahirkan teori holografik yang mengubah pemahaman manusia modern terhadap realitas alam semesta. Ini sekaligus menjawab kelemahan teori Einstein tentang kontinum ruang dan waktu.

Tiga dasawarsa yang lalu, Aspect bersama timnya menemukan fakta bahwa partikel-partikel sub-atomik seperti elektron mampu berkomunikasi secara real-time tanpa tergantung jarak. Tidak ada bedanya antara jarak 1 meter dengan 1 milyar tahun cahaya. Dalam kondisi tertentu, ternyata interaksi antar benda bisa berjalan secara serentak.

Tentu saja, hal ini melanggar prinsip dasar teori Einstein yang menyatakan setiap interaksi membutuhkan proses dengan kecepatan tak melebihi cahaya. Dalam skala makrokosmos, Teori Einstein terbukti tidak bisa menjelaskan fenomena: kenapa antara dua benda langit yang berjarak miliaran tahun cahaya bisa terikat oleh gravitasi secara real-time alias serentak. Apakah laju gaya gravitasi memiliki kecepatan melebihi cahaya? Sebuah fakta yang bertolak belakang dengan keyakinan para penganut teori Einstein.

Jawaban atas fenomena ini muncul dari penelitian Aspect cs, yang kemudian memicu munculnya teori holografik yang diajukan oleh pakar Fisika Teoritis dari Universitas London, David Bohm dan pakar neurofisiologi Karl Pribram dari Universitas Stanford. Menurut Bohm, adanya interaksi real-time antar benda itu bisa dijelaskan dengan teori holografik. Yakni, seluruh realitas ini sebenarnya adalah ilusi semata. Sekedar proyeksi dari sebuah realitas yang ‘lebih dalam’, di balik apa yang bisa kita observasi.

Ia menganalogikan demikian. Ada seekor ikan di dalam sebuah aquarium besar. Di semua sisi aquarium itu dipasangi kamera: depan-belakang, kanan-kiri, dan atas-bawah. Keenam kamera itu lantas dihubungkan dengan enam buah monitor di ruangan yang berbeda. Kita, sebagai pengamat, tidak menyaksikan ikan itu secara langsung, melainkan lewat keenam layar monitor. Tentu, seluruh kamera akan menangkap gambar ikan dari sisi yang berbeda-beda: kepala, ekor, sirip atas, bawah, dan samping.

Maka, apakah yang terjadi ketika ikan itu bergerak? Seluruh layar monitor pun akan menampilkan ‘ikan yang berbeda’. Monitor satu, menampilkan gerakan kepala. Monitor dua menampilkan gerakan ekor. Dan monitor-monitor lain menampilkan sirip-sirip, serta bagian tubuh lainnya. Dan lihatlah, semuanya terjadi secara serentak..! Tanpa membutuhkan waktu proses.

Bahkan seandainya seluruh monitor itu dipisahkan dalam jarak miliaran tahun cahaya, seluruh layar monitor akan menampilkan perubahan itu secara real-time, terhadap peristiwa tunggal yang terjadi di dalam aquarium tersebut. Tidak ada interaksi antar-benda yang melebihi kecepatan cahaya disini. Karena, seluruh apa yang kita lihat memang bukan realitas, melainkan sekedar proyeksi dari sesuatu yang tunggal belaka..!

Begitulah realitas alam semesta menurut paradigma holografik. Seluruh materi, energi, ruang, dan waktu ini tak lebih hanya proyeksi dari sebuah ‘Realitas Tunggal’ yang tersembunyi di balik segala yang bisa kita observasi. Kenapa bisa demikian? Jawabannya diberikan oleh pakar Neurofisiologi, Karl Pribram dari Universitas Stanford.

Menurut Pribram, itu dikarenakan otak kita ini bekerja secara holografik. Otak kita dengan sistem sensorik panca indera itulah sebenarnya yang menstransfer ’Realitas Sejati’ di balik alam semesta, bagaikan sebuah kamera, yang kemudian ditampilkan di ’layar monitor’ pemahaman kita. Mirip dengan kamera yang digunakan untuk memantau ikan di dalam aquarium yang saya ceritakan di atas. Seluruh frekuensi yang datang dari mata, telinga, penciuman, lidah, dan kulit diproyeksikan ke dalam ’layar monitor’ di otak kita. Dan kemudian menghasilkan gambar-gambar holografik yang kita pahami sebagai persepsi.

Sebagai gambaran, proses holografik pada benda terjadi karena adanya interferensi sinar dari arah yang berbeda yang berpadu sehingga membentuk gambar semu. Saya kira, Anda pernah melihat gambar hologram. Cara membuatnya begini: sebuah obyek gambar yang ingin dibuat hologramnya dipancarkan dengan sinar laser ke sebuah pelat film. Dalam waktu yang bersamaan pelat film itu juga disinari dengan laser dari sudut yang berbeda. Bisa dengan obyek yang sama, bisa juga dengan obyek yang berbeda.

Maka, ketika pelat film itu dicetak, ia akan menghasilkan gambar hologram tiga dimensi yang semu. Jika obyek yang diproyeksikan sama, Anda akan melihat hasil cetakannya menjadi 'dobel' atau meruang dalam tiga dimensi dipandang dari sudut tertentu. Tetapi jika obyeknya berbeda, Anda akan melihat gambar hologram itu berubah-ubah ketika dipandang dari sudut yang berbeda.

Begitulah kurang lebih cara kerja otak kita. Ia bekerja sebagai layar monitor yang menerima proyeksi dari sistem sensorik, yang kemudian menghasilkan interferensi frekuensi dari berbagai sudut, sehingga menghasilkan image atau persepsi tiga dimensi. Tetapi, sesungguhnya semua itu semu belaka. Karena kita tidak pernah ’melihat’ realitas sesungguhnya di alam semesta ini, kecuali sesudah melewati ’kamera’ panca indera dan ’layar monitor’ sistem saraf di otak kita..!

Mekanisme holografik ini pula yang bisa menjelaskan, kenapa sistem memori di otak kita demikian canggihnya. Bahwa sistem memori itu tidak terjadi secara terpusat di salah satu bagian otak saja, melainkan terpencar ke seluruh bagian otak. Ini sangat sesuai dengan mekanisme holografik, dimana perpaduan gelombang yang berinterferensi itu terjadi di semua titik-titik cahaya yang diproyeksikan. Dan bisa mencapai variasi dalam jumlah tak berhingga, hanya dengan mengubah sedikit sudut pancaran sinar laser yang ditembakkan ke pelat film.

Di setiap perpaduan gelombang itulah memori holografik tersimpan. Dan sudah terbukti dalam berbagai penelitian holografik, bahwa dalam setiap senti meter kubik pelat film hologram bisa tersimpan memori sebesar 10 miliar bit informasi. Sebuah kapasitas memori yang luar biasa besar, yang sangat bersesuaian dengan fenomena kerja memori otak kita.

Dengan teori holografik ini pula bisa dijelaskan, kenapa otak manusia bisa ’melihat’ gelombang suara dan ’mendengar’ gelombang cahaya.  Termasuk bisa menangkap berbagai frekuensi yang memapar seluruh permukaan tubuh ataupun langsung menuju ke otak. Berbagai penelitian menunjukkan ternyata range frekuensi panca indera kita itu jauh lebih lebar dari yang diperkirakan selama ini. Seluruh tubuh kita bisa menangkap frekuensi alam semesta di sekitarnya, dan merekamnya secara holografik di dalam otak kita. Dengan cara ini pula bisa dijelaskan, kenapa seseorang bisa melakukan hubungan-hubungan telepati dengan orang lain, dan menangkap tanda-tanda alam di sekitarnya secara radiatif langsung ke otaknya.

Maka ringkas kata, saya cuma ingin menggambarkan kepada Anda semua, bahwa pemahaman manusia terhadap realitas alam semesta ke masa depan boleh jadi akan mengalami revolusi besar-besaran seiring dengan diterimanya teori holografik secara luas. Pijakannya sangat kuat, didukung oleh berbagai data yang semakin terbukti ke masa depan. Bahwa, segala realitas ini tak lebih hanya sebuah hologram yang diproyeksikan ke kanvas alam semesta dari ’Realitas Sejati’ yang berada di balik segala yang bisa kita observasi..!

Alam semesta dengan segala peristiwanya ini, tak lebih hanya bayangan semu dari Dia yang Maha Perkasa lagi Maha Bijaksana..! Hanya manusia yang tinggi hati dan tak tahu diri saja yang merasa dirinya 'ada', apalagi mengira akan 'eksis selama-lamanya'. Dalam berbagai firman-Nya, Allah telah menjelaskan bahwa kehidupan ini sebenarnya semu dan menipu. Allah mengibaratkan diri-Nya sebagai pelita, dan segala ciptaan-Nya sebagai cahaya. Yang nyata tentu saja adalah pelita, sedangkan cahaya hanya pancaran dari sang pelita.

Ya, semua realitas ini, termasuk diri kita ternyata hanyalah hologram dari diri-Nya..!

QS. Al Hadiid (57): 20
... Dan kehidupan dunia ini tidak lain hanyalah kesenangan yang menipu.

QS. An Nuur (24): 35
Allah mencahayai langit dan bumi. Perumpamaan cahaya Allah, seperti sebuah lubang yang tak tembus yang di dalamnya ada pelita besar. Pelita itu di dalam kaca. Kaca itu bagaikan bintang (yang bercahaya) seperti mutiara, yang dinyalakan dengan minyak dari pohon yang banyak berkahnya. Yaitu, pohon zaitun yang tumbuh tidak di timur dan tidak pula di barat. Minyaknya hampir-hampir menerangi, walaupun tidak disentuh api. Cahaya di atas cahaya, Allah membimbing kepada cahaya-Nya siapa yang dikehendaki-Nya. Dan Allah membuat perumpamaan-perumpamaan bagi manusia. Dan Allah Maha Mengetahui segala sesuatu.

Wallahu a’lam bishshawab

~ Salam Merenungi Misteri Alam Semesta ~


oleh Agus Mustofa pada 21 Maret 2012 pukul 10:48